Cara Mengetahui Kerusakan LCD atau Touchscreen

 

Perbedaan Kerusakan LCD atau Touchscreen

Cara Mengetahui Perbedaan Kerusakan LCD atauTouchscreen! Zaman sekarang penggunaan teknologi sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari. Tak dapat dipungkiri, segala jenis kegiatan manusia berhubungan dengan teknologi. Terkait teknologi ini bisa kita jumpai pada penggunaan ponsel, laptop atau komputer hingga televisi.


Namun, salah satu teknologi yang paling populer dan akan kami bahas dalam artikel ini adalah ponsel. Siapa sangka jika penggunaan ponsel yang dilakukan sehari-hari ternyata bisa menimbulkan kerusakan pada perangkat itu sendiri. Kerusakannya beragam, tetapi umumnya kita jumpai pada bagian layar yang mengganggu penampilan. Lantas, kerusakan jenis apakah itu? Masuk ke LCD atau Touchscreen?

Kerusakan ponsel pada bagian LCD sering kali disamakan dengan kerusakan touchscreen. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Jangan sampai salah menafsirkan kesalahan, Anda jadi mengeluarkan banyak biaya dan ditipu orang. Oleh karenanya mengetahui perbedaan kedua bagian ponsel ini sangat penting.

Lantas, apa itu LCD? LCD merupakan bagian ponsel yang ada di bagian bawah touchscreen. LCD adalah bagian pipih pada ponsel.yang memancarkan tampilan digital saat dihidupkan. LCD juga kerap kali mengalami kerusakan sekalipun touchscreen ponsel Anda baik-baik saja. Oleh karenanya, penting ketahui perbedaan kerusakan LCD atau Touchscreen.

1. Tanda Kerusakan pada LCD

Kerusakan LCD biasanya disebabkan oleh banyak hal. Hanya saja beberapa tanda kerusakan LCD dapat dijumpai dengan munculnya garis-garis pada layar hp namun di bagian dalam, muncul bintik-bintik hitam atau putih, hingga layar ponsel yang menunjukan kondisi gelap. Saat Anda mengalami kerusakan LCD baiknya memang segera bawa ke counter ponsel.

Hanya saja di sini Anda perlu waspada. Tidak semua ponsel memiliki bagian terpisah antara LCD dengan Touchscreennya. Namun, masih tetap ada ponsel yang layarnya terpisah dan LCD dijual terpisah. Sehingga saat mengalami kerusakan LCD Anda bisa membelinya secara terpisah serta harganya tidak terlalu mahal. Perbedaan kerusakan LCD atau Touchscreen intinya sangat mencolok.

Misalnya, salah satu ponsel yang bisa dipisah antara LCD dengan Touchscreenya adalah Vivo Y71. Bagi Anda para pengguna ponsel Vivo seri ini, apabila mengalami kerusakan pada tampilan coba untuk menelitinya terlebih dahulu. Apakah kerusakan pada layar sentuhnya atau kerusakan pada LCDnya. 

2. Tanda Kerusakan pada Touchscreen

Jika LCD adalah bagian yang memunculkan gambar-gambar digital pada ponsel, apa itu touchscreen? Seperti namanya, touchscreen adalah area ponsel yang disentuh atau layar sentuh.

Jika bagian LCD di bawah touchscreen, maka touchscreen ada di bagian atasnya. Kerusakan touchscreen bisa dibilang kerusakan fisik pada bagian layar ponsel. Pada umumnya kerusakan ponsel bagian ini bisa dijumpai adanya retakan, goresan, dan lain sebagainya yang menyebabkan terganggunya ponsel saat digunakan. 

Sama halnya saat Anda mengalami kerusakan LCD, baiknya saat layar Anda sudah merasa tidak enak disentuh, tetapi pada bagian tampilan digitalnya tidak mengalami masalah maka artinya ponsel Anda terkena kerusakan layar atau touchscreen.

Misalkan Anda mengalami kerusakan touchscreen, dan hendak menggantinya ke touchscreen baru, baiknya Anda telaah dulu apakah kerusakannya hanya pada bagian touchscreen saja? Atau kerusakannya juga pada bagian LCDnya? Kalau Anda mengalami kerusakan touchscreen, maka tidak perlu meminta ganti fullset ke pihak counter.

Ini dikarenakan saat Anda mengatakan ganti fullset, maka seluruh bagian ponsel, yakni antara LCD dengan Touchscreen benar-benar akan ganti. Tentu saja akan makan biaya yang lebih mahal lagi. Berbeda halnya jika Anda meminta pihak counter untuk menyelidikinya terlebih dahulu apa saja kerusakan ponsel tersebut. Tak heran jika pengguna ponsel sangat dituntut cerdas memahami perbedaan kerusakan LCD atauTouchscreen.

Ada bagian touchscreen yang dapat dipisahkan dengan LCD ada juga yang tidak. Jika ponsel Anda adalah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan kedua bagian tersebut, maka bisa dipastikan masuk kategori menyatu. Maka mau tidak mau memang harus ganti fullset. Siap-siap dana yang lebih, ya!

Tetapi, jika masuk kategori yang dapat dipisah Anda harus mencari tahu lebih dalam dulu. Apakah kerusakannya ada pada LCD atau Touchscreen? Untuk memahami ciri-ciri kerusakannya Anda hisa mencari info lebih lengkap di internet. Jadi? Bagaimana? Sekarang sudah paham perbedaan kerusakan LCD dengan Touchscreen, bukan? Jangan sampai salah ya!


Comments