CARA MENGUBAH SMARTPHONE MENJADI WEBCAM

Saat ini cara mengubah smartphone menjadi webcam menjadi salah satu hal yang bnayak dicari oleh netizen. Mengingat memang saat ini smartphone tak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi semata. Namun kini smartphone mampu menjelma menjadi beberapa alat yang sangat dibutuhkan oleh para penggunanya.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan pada smartphone milik anda adalah dengan memanfaatkannya sebagai webcam. Mungkin anda sedikit bingung, namun tak perlu khawatir karena di era modern seperti ini, perkembangan pada dunia teknologi smartphone juga senakin mumpuni.

Untuk dapat mewujudkannya, salah satu cara mengubah smartphone menjadi webcam yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi webcam ini mendukung lintas platform, yang artinya dapat digunakan pada sistem operasi yang berbeda (Windows dan Linux.).

Dan untuk dapat menghubungkannya dengan PC, bisa dilakukan lewat koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Apabila anda sudah menginstall aplikasi ini pada smartphone, maka anda bisa langsung melakukan video call di google talk, yahoo! Massenger, Skype dan berbagai aplikasi chatting lainnya. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang mempu berjalan dengan mulus tanpa lag, kualitas videonya pun bagus.

Namun untuk dapat menghubungkan PC lewat Bluetooth sebagai salah satu cara mengubah smartphone menjadi webcam, anda perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Lakukan beberapa cara ini setelah menginstall aplikasi pada Hp dan PC.

1.. Cara Mengubah Smartphone Menjadi Webcam Menggunakan Bluetooth.
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan bahwa PC/Laptop anda mempunyai fitur bluetooth dan pastikan pula bluetooth pada PC/Laptop anda sudah berpasangan dengan bluetooth pada smartphone. (Cara mengetesnya adalah coba gunakan PC untuk mengirim file/gambar ke smartphone menggunakan koneksi bluetooth).
  • Kemudian buka aplikasi smartcam pada PC/Laptop, lalu lanjut ke menu setting dan centang pilihan bluetooth.
  • Cara mengubah smartphone menjadi webcam yang berikutnya adalah buka aplikasi smartcam pada android.
  • Lajut buka menu setting dan pilih type koneksi bluetooth.
  • Kemudian pilihlah Bluetooth server dan sambungkan dengan bluetooth pada PC/Laptop.
  • Terakhir silahkan back ke layar aplikasi smartcam dan klik tombol “Connect Bluetooth”, maka smartphone anda akan terhubung dengan PC/Laptop sebagai webcam.
2. Cara Mengubah Android Menjadi Webcam Menggunakan Wi-Fi
  • Cara mengubah smartphone menjadi webcam menggunakan Wi-Fi yang pertama adalah buka aplikasi smartcam di PC/laptop anda. Jika sudah, silahkan centang pilihan TCP/IP (WiFi) dengan port yang dibiarkan saja, biasanya port memiliki 4 digit dengan nomor 9361.
  • Kemudian klik OK
  • Selanjutnya adalah buka aplikasi SmartCam yang sudah di ambil di android anda.
  • Cara mengubah smartphone menjadi webcam yang berikutnya adalah pilih setting, pilih jenis koneksi menggunakan WiFi.
  • Kemudian masukkan nomor port dan alamat IP, untuk alamat IP bisa didapat dengan melihat di PC/Laptop anda. Caranya adalah dengan membuka Run pada komputer dan ketikkan cmd untuk membuka command prompt. Selanjutnya ketikkan perintah “ipconfig /all” dan akan muncul sejumlah kata-kata, cari kata bertuliskan “IPv4 Address” dan itulah alamat IP yang harus dimasukkan di settingan smartcam pada android anda.
  • Terakhir back ke layar aplikasi smartcam dan klik tombol “Connect WiFi”. Jika sudah semua, maka smartphone anda akan terhubung dengan PC/Laptop sebagai webcam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGUBAH SMARTPHONE MENJADI WEBCAM"

Post a Comment