CARA MENGATASI MUNCULNYA "SAYANGNYA APLIKASI TELAH BERHENTI" ATAU FORCE CLOSE

Mencari cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close merupakan salah satu langkah yang anda lakukan jika mengalami hal serupa. Hal ini tentu saja terasa wajar saat anda mengalami suatu masalah pada android kesayangan. Karena memang hp kini menjadi salah satu kebutuhan penting manusia.

Dan sebelum melihat cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close, sebaiknya anda lihat lebih dulu penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya hal tersebut :
  • Aplikasi yang sobat gunakan mungkin masih dalam beta atau uji coba.
  • Data dari aplikasi yang bersakutan belum lengkap dan masih diperlukan pembaharuan.
  • Aplikasi kurang begitu kampetibel atau gak cocok dengan android anda.
  • Cpu dan ram kurangi mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut, jika bisa itu aplikasi yang anda gunakan cukup ringan, mungkin sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di balik layar "backgraund" dan hal tersebut menyebabkan ram di android anda jadi penuh dan tidak bisa membuka aplikasi lain lagi.
  • Sistem kernel yang mengalami kesalahan dalam mengeksekusi atau menjalankan program.
  • Koneksi internet yang tiba-tiba terputus hal ini menyebabkan di beberapa aplikasi yang membutukan koneksi internet seperti game online, ataupun aplikasi chatting.
  • Konfigurasi yang salah sehingga menumpunya file-file sampah Dalvik data cache atau biasanya lebih di kenal dengan nama Temporaly file.
  • Masalah hardware yang kurang mendukung.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka dibawah ini adalah cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close.

1. Cobalah untuk melakukan restart atau reboot.

Cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close yang pertama adalah lakukan restart atau rebootMaksudnya dari pernyataan tersebut adalah matikan smartphone android anda kemudian nyalakan kembali, usahakan anda melakukan restart atau reboot minimal sehari sekali, kenapa sangat disarankan begitu? karena smartphone berbeda dengan fiture phone, di smartphone android biasanya aplikasi yang habis anda gunakan kemudian sudah keluarkan sebenarnaya masa aktif dan membebani memory RAM.

 2. Lakukan Force stop, Clear data dan Clear cache secara menual.

cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close yang kedua adalah lakukan Force stop, Clear data dan Clear cache secara menual buka setting. 
  • Buka buka setting
  • Kemudian pilih Manager applications
  • kemudian cari dan pilih aplikasi yang sering mengalami force close
  • kemudian klik Force stop lalu klik Claer data nanti ada notifikasi atau peringatan tekan saja ok, terakhir geses ke bawah kemudian Clear cache.
3. Lakukan Update aplikasi yang sering force close.

4. Instal ulang aplikasi yang sering mengalami force close

Maksudnya adalah anda hapus dulu aplikasi sering berhenti dengan sendirinya kemudian pasang lagi aplikasi tersebut.

5. Ambil data aplikasi atau game secara langsung dari aplikasi yang bersangkutan.

cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close berikutnya adalah Ambil data aplikasi atau game secara langsung dari aplikasi yang bersangkutan.

Maksudnya adalah sering kali anda jika Ambil game mengambil secara manual kemudian memasukan data game misal data Obb secara manual pula, sering kali di situ datanya tidak sesuai dengan aplikasinya, jadi usahakan untuk mengisi datanya sobat mengunduhnya secara online atau langsung dari aplikasi yang bersangkutan.

6. Pastikan koneksi internet lancar ( untuk aplikasi yang butuh koneksi internet).

Untuk melihat koneksi berjalan secara lancar atau tidak sobat bisa gunakan aplikasi seperti "Network speed" ataupun "Networt monitor mini" sobat bisa cari dan unduh di Google play.

7. Upgrade OS Android sobat ke versi terbaru yang tersedia untuk smartphone android sobat.

Melakukan upgrade os ke versi yang lebih baru akan membuat lebih stabil dan juga menimalisir seringnya crash atau force close pada aplikasi.

Itulah beberapa cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close. Semoga bermanfaat dan selama mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI MUNCULNYA "SAYANGNYA APLIKASI TELAH BERHENTI" ATAU FORCE CLOSE"

Post a Comment