CARA MENONAKTIFKAN AUTO SYNC PADA ANDROID

Banyak hal bisa kita pelajari dari perkembangan smartphone. Contohnya cara menonaktifkan auto sync pada android. Saat ini perkembangan teknologi memang sangat pesat, tak terkecuali dunia smartphone. Berbagai fitur terbaru selalu bermunculan sebagai pembaruan dalam ponsel pintar tersebut.

Sebagai informasi bahwa Auto sync adalah sebuah fitur pada gadget yang berguna untuk mensiknronisasi (men-sinkron-kan) gadget dengan server dari berbagai akun yang digunakan. Fungsinya sendiri adalah untuk memberikan pemberitahuan atau update terbaru dari akun yang di-sinkron-kan tersebut. 

Sebelum melihat cara menonaktifkan auto sync pada android. Ini adalah contoh dari fitur auto sync, saat anda mengaktifkan auto sync untuk aplikasi facebook. Hal itu berarti anda mengijinkan aplikasi facebook untuk memberikan update dan pemberitahuan terbaru dari akun anda yang akan diterima langsung melalui gadget yang anda gunakan. Update yang dimaksud adalah seperti pemberitahuan komentar baru, pesan baru, permintaan teman baru dan lain sebagainya.

Hal yang demkian juga berlaku untuk semua akun yang terhubung pada smartphone anda. Nah fitur ini sebenarnya baik dan bagus dengan tujuan agar anda tidak perlu repot mengecek secara manual apakah ada pemberitahuan atau tidak. Namun resikonya adalah data internet anda pastinya akan lebih cepat berkurang. Karena fitur ini memerlukan koneksi internet pada ponsel.

Akan tetapi jangan terlalu khawatir, karena fitur auto sync ini bisa diatur sedemikian rupa atau dengan kata lain dinonaktifkn. Jadi anda bisa menonaktifkan sinkronisasi pada akun tertentu yang dirasa tidak perlu untuk di sinkronisasi. Nah berikut ini adalah cara menonaktifkan auto sync pada android.

1. Caranya yang pertama adalah Masuklah ke menu setting pada ponsel anda. Jika sudah silahkan pilih menu Accounts & Sync (Akun & Sinkronisasi).

2. Setelah memilih menu tersebut, maka akan muncul menu berupa beberapa akun yang terhubung ke android anda. Cara menonaktifkan auto sync pada android berikutnya adalah pilihlah aplikasi yang akan dinonaktifkan sinkronisasinya dengan mengklik icon sinkron (lingkaran di sebelah kanan nama aplikasi) hingga tertulis Auto-sync is off (Sync otomatis dimatikan) di bawah judul aplikasi. Atau apabila anda ingin mematikan sinkronisasi pada semua akun, anda bisa langsung mengklik tombol yang berada di sebelah kanan atas hingga tertulis “OFF”.


3. Cara menonaktifkan auto sync pada android yang ketiga adalah dengan melakukan penonaktifan ataupun mengaktifkan kembali sinkronisasi pada gadget melalui quick panel (jika ada) yang berada di bagian paling atas layar (tempat pemberitahuan). Namun bila anda melakukannya dengan cara ini, maka anda tidak bisa mengatur akun mana saja yang akan mengunakan auto sync dan mana yang tidak.

Nah itulah cara menonaktifkan auto sync pada android yang bisa kami sampaikan kali ini. Perlu diketahui bahwa selain menghemat kuota, dengan dinonaktifkannya auto sync, maka ponsel anda akan lebih hemat baterainya.

Subscribe to receive free email updates: