TIPS MEMOTRET MAKANAN DENGAN KAMERA SMARTPHONE

Tips memotret makanan dengan kamera smartphone merupakan salah satu hal yang banyak dicari oleh netizen. Karena dalam berbagai acara seperti hang out bersama teman ke sebuah resto atau cafe yang punya menu andalan yang unik, tak lengkap rasanya jika tidak memotret menu yang anda pesan. Hal ini sepertinya menjadi kegiatan atau kebiasaan yang kini mulai banyak dilakukan oleh anak muda zaman sekarang.

Selain untuk memamerkan apa yang sedang disantap, biasanya hal ini juga dilakukan untuk memberikan informasi serta inspirasi bagi orang yan melihatnya jika tertarik dengan makanan atau minuman tersebut. Tak melulu tentang pandangan negatif yang menyebutkan bahwa orang yang gemar memotret makanan dan menguploadnya ke sosial media ternyata mengalami sebuah gangguan jiwa, namun cobalah lihat sisi positifnya.

Dengan membagikan foto makanan yang saat itu sedang dimakan, maka mungkin saja bisa membantu sebagian orang yang tengah kebingungan untuk memilih makanan apa yang akan ia santap. Tak perlu memakai kamera semacam DSLR, cukup dengan bantuan kamera smartphone, anda sudah bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dan menggiurkan. Dan tips memotret makanan dengan kamera smartphone sangat diperlukan agar dapat mewujudkan hal tersebut.

Maka selama foto yang anda share mempunyai nilai informatif dan inspiratif, sepertinya sah-sah saja. Asal tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Ya siapa tahu anda mempunyai bakat untuk menjadi seorang food fotografer yang tentu dapat menambah penghasilan.

Nah berikut ini adalah beberapa tips memotret makanan dengan kamera smartphone :

1. Kuncinya Adalah Komposisi

Sebagai seorang pemula, cobalah komposisi "Rule of Third". Pada komposisi ini, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga memiliki 9 area yang sama besar. Dengan pembagian ini, akan ada 4 titik temu. Menurut teori desain, saat melihat gambar, mata secara natural lebih tertuju pada titik-titik tersebut dibandingkan pada titik tengah foto. Meskipun teori ini tidak wajib diaplikasikan, namun ini adalah modal dasar untuk membuat komposisi yang enak dilihat sebelum intuisi kita benar-benar terasah.

2. Pencahayaan Alami

Tips memotret makanan dengan kamera smartphone yang kedua adalah dengan memperhatikan pencahayaan. Sebaiknya gunakanlah pencahayaan alami untuk membantu anda mengambil gambar. Memang terkadang kita sulit mengontrol intensitas cahaya yang tersedia di dalam sebuah restoran. Namun sebisa mungkin usahakan carilah lokasi yang dekat dengan jendela untuk mendapatkan pencahayaan alami. Cahaya natural juga akan memberikan detail yang lebih banyak untuk ditangkap oleh lensa kamera.

Perlu dicoba, jika anda sedang berada di restoran, manfaatkan tissue atau serbet putih sebagai pengganti reflektor (pemantul cahaya). Apabila cahaya alami datang dari arah kanan makanan, maka mintalah teman kamu untuk memegangi serbet tersebut di sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya. Hal ini juga akan membuat hasil foto semakin baik dan menarik.

3. Pilih Angle Foto Yang Tepat

Memilih angle foto yang tepat merupakan tips memotret makanan dengan kamera smartphone yang berikutnya. Karena semenarik apapun makanan yang kita foto, akan terlihat biasa saja jika angle saat membidiknya kurang baik. Sebaiknya coba berbagai angle untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Coba untuk memotret dengan kemiringan 45 derajat. Ada juga yang menyebutkan bahwa memotret dari sudut pandang garpu (bayangkan bahwa kamera smartphone kamu ada di ujung garpu yang akan menuju makanan tersebut) akan dapat menghasilkan foto close-up yang menarik.


Saran kami adalah teruslah meng-explore angle yang cocok untuk tipe-tipe hidangan yang berbeda. Karena lain hidangan, lain pula angle foto yang tepat. Maka jangan pernah berhenti untuk mencari angle yang tepat agar foto yang anda hasilkan dapat terlihat menarik dan menggugah selera.

4.  Perhatikan Latar Belakang

Hal yang juga haru anda perhatikan adalah latar belakang. Latar belakang objek sebelum mengambil gambar sangat penting agar foto terlihat sempurna. Hal yang mengganggu seperti alat makan yang kotor atau benda-benda lain yang mengganggu akan merusak keindahan foto makanan yang anda tangkap. Sebaliknya, latar yang bersih akan membuatnya sederhana. Jika ingin menambahkan background, coba letakkan ingredients yang berhubungan dengan masakan itu sendiri sebagai latarnya.

5. Hindari Fitur Flash

Tips memotret makanan dengan kamera smartphone yang kelima adalah dengan menghindari fitur flash. Mengapa demikian, hal ini karena jarang sekali foto berkualitas baik yang dihasilkan dengan menggunakan flash. Apalagi dalam hal memotret makanan, fitur ini nyatanya akan melunturkan warna makanan, menghasilkan bayangan yang sangat tidak diinginkan, dan mengacaukan colour balance. Dengan begitu, makanan yang semula indah dan terlihat enak, menjadi tak karuan dan tidak menarik lagi.

6.  Makanan Yang Colourful Lebih Menarik

Tips memotret makanan dengan kamera smartphone yang terakhir adalah memilih makan yang memiliki banyak warna. Makanan yang memiliki banyak warna akan lebih menarik daripada yang monoton. Dan perlu anda ingat bahwa selalu ambil foto ketika makanan masih fresh atau baru saja disajikan. Jika makanan yang akan kita foto tidak memiliki banyak warna, gunakan peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, pisau yang warnanya menarik dan kontras dengan warna makanan. Atau juga bisa menambahkan objek seperti talenan dan serbet yang memiliki corak. Dengan begitu makanan yang semula monoton, akan terlihat jauh lebih menarik.

Subscribe to receive free email updates: