BEBERAPA FUNGSI TERSEMBUNYI DI BALIK SMARTPHONE ANDROID

Tahukah anda jika ada beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android. Memang fungsi umum yang kita ketahui selama ini adalah segaa sesuatu yang berkaitan dengan fungsi umumnya. Untuk itu banyak yang belum mengetahui perihal hal ini.

Nah dalam fungsi umum yang biasa digunakan terdapat fungsi lainnya yang cukup menakjubkan. Memang belum banyak yang mengetahui hal ini, terutama para orang awam. Bagi mereka dapat menjalankan fungsi umum yang biasa digunakan sebagai alat komunikasi saja sepertinya sudah cukup. Namun tidak ada salahnya jika anda mendapatkan fungsi yang lebih.

Nah untuk anda yang penasaran dengan beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

1. Akses tab Chrome dari perangkat lain

Tahukah anda jika anda sebenarnya bisa mengakses tab dari perangkat lain selama menggunakan sistem Android, saat menjalankan Google Chrome. Selama melakukan login menggunakan akun yang sama, setelah menjalankan Chrome, akan terlihat pada pilihan Recent tabs yang terdapat di bawah kanan. Tekan pilihan ini dan kamu akan melihat beberapa situs yang sedang dibuka dari perangkat lain.

2. Bikin Ponsel lebih ngebut

Beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android yang kedua adalah dapat membuat ponsel lebih ngebut. Android memang dirancang agar bisa diutak-atik secara bebas oleh penggunanya. Maka dari itu Google menyertakan fiturD eveloper options agar pengguna bisa menentukan sendiri beberapa fungsi agar mendapatkan kinerja yang lebih cepat. 

Pada Android versi terbaru, fitur Developer options disembunyikan. Dan untuk fitur tersebut caranya adalah masuk keSettings>About Device. Pada Build Number, tekan sebanyak 7 kali agar Developer options tampil. Kembali ke halaman sebelumnya, dan pilihan tersebut akan terdapat diatas About Device. Jalankan fungsi ini, geser ke bawah dan temukan fungsi Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Ubah ketiga fungsi ini ke pilihan yang lebih tinggi agar kinerja ponsel lebih gesit.

3. Pencarian suara meski layar mati

Salah satu dari beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android yang berikutnya adalah mampu melakukan pencarian melalui suara meski layar dalam kondisi mati. Smartphone tersebut bisa langsung bereaksi setelah anda mengucapkan “OK Google” saat layar sedang tidak digunakan. 

Nah agar bisa melakukan hal tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa fitur Google Now secara default telah aktif ataukan terpasang. Jika belum, unduh terlebih dahulu melalui Google Play Store. Kemudian, jalankan Google Settings>Search & Now>Voice>OK Google Detection, aktifkan ke kondisi On. Jika pilihan From any screen tidak bisa diubah, maka smartphone anda tidak mendukung fitur tersebut.


4. Tampilan Informasi yang dibuat sendiri

Cara ini mungkin akan berguna di saat-saat tertentu. Android menyertakan pilihan agar pengguna bisa menampilkan informasi mengenai diri mereka di Lockscreen. Hal yang merupakan salah satu dari beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android ini berguna jika ponsel tertinggal di suatu tempat dan orang yang menemukannya bisa mengembalikannya berdasarkan informasi data yang dicantumkan tersebut. Maka dari itu, anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan cara masuk ke Settings>Lock screen>Owner info. Pada pilihan Owner Information, anda bisa mencantumkan informasi yang ingin ditampilkan seperti nama atau nomor telepon.

5. Proteksi data saat smartphone hilang

Beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android adalah sebagai proteksi. Salah satu hal paling menyebalkan adalah kehilangan smartphone. Jika anda kehilangan ponsel, anda sebenarnya dapat menyelamatkan data yang tersimpan didalamnya. Bagaimana caranya?

Android memiliki fitur bernama Android Device Manager yang memungkinkan pengguna untuk melacak keberadaan ponsel ataupun mengendalikannya dari jarak jauh. Guna mengantisipasi segala kemungkinan terburuk, ada baiknya anda berjaga-jaga demi keamanan data. Maka dari itu aktifkan fitur tersebut dengan masuk ke Settings>Security>Device Administrators, aktifkan Android Device Manager ke posisi On. Nantinya jika smartphone hilang, kamu tinggal mengendalikannya dari situs melalui komputer, cukup dengan cara login ke akun Google.

6. Game Android

Tahukah anda jika dengan masuk ke Settings>About Device, anda bisa menekan dengan cepat pada pilihan Android version, jika berhasil akan tampil logo dari versi Android yang digunakan. Namun tahukah bahwa tampilan ini tidak hanya sampai disitu saja. Dengan menekan agak lama pada logo tersebut, Google juga menyertakan sebuah mini game. Khusus untuk Android Lollipop, akan ditampilkan game mirip dengan Flappy Bird yang sempat menjadi tren. Dan ini merupakan salah satu dari beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android.

7. Mainkan multiplayer game secara lokal

Jika anda dan teman-teman mengakses internet dari jaringan Wi-Fi yang sama, maka anda bisa memanfaatkan hal ini untuk bermain game secara multiplayer melalui jaringan tersebut. Banyak game-game populer yang mendukung hal tersebut seperti Asphalt 8, Brothers in Arms 3, atau Let’s Golf 3. Nah pastinya seru sekali ya. Dan tidak ada salahnya jika hal ini mulai anda coba.

Demikianlah beberapa fungsi tersembunyi di balik smartphone android yang bisa kami sampaikan kepada anda. Selamat berkreasi dengan android, dan sampai berjumpa di ulasan yang berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BEBERAPA FUNGSI TERSEMBUNYI DI BALIK SMARTPHONE ANDROID "

Post a Comment