MACAM MACAM KODE ERROR PADA PLAYSTORE DAN CARA MENGATASINYA

Macam-macam kode error pada playstore dan cara mengatasinya banyak dicari oleh netizen hingga kini, Karena memang beberapa kode ini kerap kali muncul saat anda mulai mengoperasikan playstore pada smartphone anda. Nah perlu anda ketahui, bahwa kode-kode error yang muncul sebenarnya ada artinya.

Akan terasa sangat menjengkelkan apabila saat akan mengunduh aplikasi di Playstore, muncul kode error tersebut. Apalagi jika aplikasi yang akan diunduh tersebut merupakan aplikasi yang cukup penting. Nah anda mungkin bingung dengan berbagai kode yang muncul.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui macam-macam kode error pada playstore dan cara mengatasinya. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Google Play – Error 413

Pernah mengalami hal ini yaitu saat mengunduh aplikasi atau update mengalami kegagalan. Kode ini biasanya muncul pada playstore karena menggunakan proxy pada koneksi internet. Nah cara mengatasinya adalah dengan masuk ke Settings>Apps, lalu geser ke kiri hingga masuk ke pilihan ALL.

Selanjutnya adalah geser ke bawah dan temukan Google Play services, tekan Clear data dan Force stop. Lakukan juga hal yang sama pada Google Play Store dan bersihkan cache pada peramban (Browser) yang digunakan.

2. Google Play – Error 403

Macam-macam kode error pada playstore dan cara mengatasinya yang kedua adalah kode error 403. Kode ini muncul karena adanya dua akun Google berbeda yang biasa digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat smartphone. Untuk mengatasi kode ini adalah anda harus masuk ke Google Play Store menggunakan akun Google yang benar. Kemudian uninstal aplikasi yang bermasalah tadi. Jika sudah, coba untuk mengunduh ulang dan klik tombol pembelian (purchase).

3. Google Play – Error 492

Macam-macam kode error pada playstore dan cara mengatasinya yang berikutnya ada kode error 492. Jika kode ini muncul, maka akan mengakibatkan anda tidak bisa mengunduh aplikasi akibat permasalahan Dalvik cache (ruang kosong sementara yang dipakai oleh Java Virtual Machine untuk menjalankan aplikasi).

Dan cara mengangani masalah ini adalah jalankan Settings>Apps, kemudian geser ke kiri ke menu ALL, dan selanjutnya geser ke bawah hingga menemukan Google Play Services. Jika sudah pilih Clear data dan Force stop. Lakukan hal yang sama pada Google Play Store. Apabila tidak berhasil, hapus Dalvik cache dengan cara masuk ke mode recovery (khusus smartphone yang sudah di-root). Terakhir pilih Advanced>Wipe dalvik cache, lalu reboot.

4. Google Play – Error 491

Selanjutnya yang juga merupakan macam-macam kode error pada playstore dan cara mengatasinya adalah kode error 491. Kode ini akan muncul sebagai akibat dari tidak bisa mengunduh serta melakukan update. Solusi dari masalah ini adalah hapus terlebih dahulu akun Google yang telah dipasang di Android.


Jika sudah, lanjut masuk ke Settings>Accounts>Google. Klik akun yang ada, tekan tombol menu dan pilih Remove Account. Selanjutnya Reboot Android dan tambahkan lagi akun Google yang tadi telah dihapus. Masuk ke Settings>Accounts>Add account. Setelah berhasil membuat akun, masuk ke Settings>Apps, geser ke kiri hingga masuk ke pilihan menu ALL. Kemudian geser ke bawah dan temukan Google Play Services, tekan dan klik Clear data serta terakhir Force stop.

5. Google Play – Error 498

Macam-macam kode error pada playstore dan cara mengatasinya yang terakhir adalah kode error 498. Jika anda menemukan kode ini muncul di smartphone kesayangan anda, hal ini biasanya terjadi akibat dari gangguan saat mengunduh dari Google Play. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh media simpan yang penuh.

Untuk mengatasinya, coba hapus aplikasi ataupun file yang tidak diperlukan. Apabila masih dirasa kurang, masuk ke mode recovery. Caranya adalah restart Android dan masuk ke Recovery Mode (caranya cukupberagam sesuai dengan tipe smartphone serta versi Android yang digunakan). Untuk mode recovery, arahkan ke pilihan wipe cache partition, setelah reboot kembali.

Demikianlah macam-macam kode error pada playstore dan cara mengatasinya. Setelah ini kita akan membahas kode error pada playstore yang lainnya. Samapai jumpa di ulasan berikutnya.


Subscribe to receive free email updates: