Cara Memperbaiki Touchscreen Error Jika LCD Panas

Cara Memperbaiki Touchscreen Error Jika LCD Panas

Sering kali kita menjumpai layar ponsel yang terjadi error, kurang responsif atau dengan kata lain layar cenderung lemot saat digunakan. Permasalahan ini juga sering terjadi ketika ponsel mulai memanas. Namun ketika ponsel sedang normal atau tidak sedang panas, maka penggunaan LCD layar ini cenderung normal dan berjalan lancar.

Cara Memperbaiki Touchscreen Jika LCD Panas

Saat sedang panas ponsel bisa seolah olah memencet tombol sendiri atau bergerak gerak tanpa layarnya disentuh. Jika sudah begini biasanya menu menu yang ada pada layar ponsel tidak bisa berfungsi normal. Bahkan ketika tampilan layar dimatikan, layar akan tetap eror dan macet.  Kondisi ponsel yang memanas seringkali terjadi di bagian bawah layar karena di bagian tersebut terdapat komponen fleksibel yang terdapat juga kapasitor maupun IC item. 


Cek Komponen IC ponsel


Terjadinya ponsel panas seringkali disebabkan karena adanya kerusakan salah satu komponen tersebut, termasuk IC item. Jika terjadi gangguan seperti ini maka sudah jelas bahwa anda tidak bisa mengoperasikan menu menu atau operasi sistem dari ponsel Anda. Cara untuk mengatasi masalah layar panas ini adalah dengan membuka perangkat ponsel untuk melihat bagian dalamnya. Cek pada bagian komponen yang ada di perangkat LCD. 

Cek Komponen Baterai


Setelah dibuka kita bisa memperhatikan bagaimana kondisi LCD ponsel, yakni dengan melepas komponen baterai. Buka perangkat di bagian fleksibel untuk melepas bagian belakang ponsel. Lihatlah di bagian komponen fleksibel bawah, di mana nantinya Anda akan melihat dua komponen berwarna biru. Kedua bagian inilah yang dimaksud dengan bagian kapasitor dan juga IC item sebagai kemungkinan penyebab panas pada touchscreen. Salah satu diantaranya mungkin akan menjadi penyebab dari ponsel menjadi panas. Maka dari itu, Anda perlu lepas bagian fleksibel tersebut dari ponsel. 

Cek Komponen LCD itu sendiri

Cara selanjutnya adalah dengan mengetes menggunakan LCD baru atau LCD lain yang masih berfungsi normal. Ketika layar LCD satunya sudah anda pasang pada perangkat ponsel yang dibongkar, cobalah nyalakan LCD tersebut. Lakukan pengecekan kembali pada ke 2 bagian komponen fleksibel, salah satunya yang salah satunya yang terasa panas. Pengecekan ini perlu anda lakukan pada bagian fleksibel dan bukanlah pada bagian mesin di perangkat ponsel. Saat pengetesan ini Anda tidak perlu memasang LCD secara lengkap atau menutup belakang bagian belakang ponsel. Cukup pasangkan bagian LCD yang baru dengan menghubungkan fleksibel pada bagian mesin ponsel.


Ketahuilah bahwa semua ponsel pasti akan memiliki mesin yang terasa panas karena sistem sedang bekerja. Inilah yang menjadi alasan mengapa pengecekan panas tidak bisa dilakukan pada bagian mesin, melainkan di bagian komponen fleksibel. Setelah ponsel menyala, tunggu beberapa saat dan coba operasikan layar untuk melihat bagian komponen mana yang mengalami panas.

Cara Memperbaiki Touchscreen Error jika LCD Udah Panas dengan Ganti IC Item

Jika setelah anda pegang terasa panas di bagian IC item, maka kita bisa coba untuk mengganti komponen tersebut. Cara memperbaiki touchscreen error jika LCD udah panas selanjutnya adalah dengan menggantinya. Untuk menggantinya adalah dengan memanaskan solder terlebih dahulu.  Selanjutnya lepaskan bagian IC item dari perangkat LCD dengan hati hati. Bersihkan bagian fleksibel, lalu kembali tes menggunakan touchscreen yang baru hingga layar berfungsi tanpa bergerak-gerak sendiri. Ambil IC item baru atau yang sudah tidak terpakai dan berfungsi normal. 


Jika Anda menggunakan IC item dari perangkat yang sudah tidak dipakai, gunakanlah solder untuk melepasnya. Pasang kembali IC Item tersebut pada LCD yang akan diperbaiki. Selanjutnya  adalah dengan mempresisikan terlebih dahulu IC item pada bagian fleksibel yang sudah diberi lem khusus. 


Tunggu beberapa saat hingga komponen tersebut secara otomatis menempel di bagian fleksibel. Berikan fluk di bagian IC yang terdapat di fleksibel dan tempelkan bagian fleksibel di atas solder agar lebih cepat menempel. Cek ulang apakah komponen sudah menempel di fleksibel, dengan menggunakan thinner yang digosokkan di atasnya.


Tutup IC item dengan menggunakan plastik supaya tidak terjadi ground. Pasang baterai dan tutup kembali perangkat ponsel untuk bisa segera dicek ulang. Anda bisa menyalakan ponsel sebagai cara memperbaiki touchscreen error jika LCD udah panas yang terakhir. untuk melihat bagaimana hasil akhirnya, apakah berfungsi normal atau tidak. 


Lihat apakah tampilan layar masih gerak sendiri atau tombolnya seolah olah mencet sendiri atau tidak. Apabila dilihat layar sudah berfungsi normal, Anda bisa coba untuk mengoperasikannya kembali untuk mengetahui kondisinya dengan lebih pasti. Cobalah untuk menekan beberapa menu apakah kinerjanya juga sudah normal. Kini, ponsel Anda sudah kembali normal setelah memperbaiki melalui cara memperbaiki touchscreen error jika Lcd udah panas di atas. 










 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Touchscreen Error Jika LCD Panas"

Post a Comment