CARA MENGATASI ANDROID YANG HANG

Hang adalah salah satu kondisi dimana ponsel tidak berfungsi. Nah cara mengatasi android yang hang adalah hal yang paling banyak dicari oleh setiap pengguna smartphone yang mengalami hal itu. Selain tidak berfungsi, biasanya keadaan ini juga meyebabkan ponsel menjadi lamban atau yang dikenal juga dengan sebutan lemot.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Mulai dari masalah pada perangkat, hingga karena faktor pemakaiannya yang kurang tepat. Maka dari itu, ada baiknya jika anda mengetahui dari mana dan apa sumber masalah yang sebenarnya. Hal ini agar anda dapat menanganinya dengan cara yang tepat.

Berikut ini adalah cara mengatasi android yang hang yang bisa anda coba sendiri. Cara ini juga bisa digunakan sebagai langkah mencegah agar ponsel tidak hang.

1. Perhatikan Kesalahan Pengguna

Tidak menutup kemungkinan bahwa penyebab utama android menjadi hang adalah dari kesalahan pengguna itu sendiri. Misalnya saja kebiasaan untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat tanpa memperhatikan seberapa batas kemampuan smartphone yang mereka gunakan. Dan akibatnya adalah perangkat mengalami lag (gerakan tidak mulus / patah-patah) lelet atau bahkan hang ketika melakukan proses yang terlalu berat.

Dengan demikian cara mengatasi android yang hang dalam kasus ini adalah sebaiknya jangan membuka aplikasi terlalu banyak. Dan biasakan untuk tidak terlalu sering berpindah-pindah aplikasi. Selain itu, perhatikan dan kenali batas kemampuan smartphone yang kamu gunakan dengan melihat spesifikasinya, karena tidak semua smartphone memiliki spesifikasi yang mumpuni. Apalagi jika dihadapkan dengan banyak aplikasi.

2. Jangan Kehabisan Ruang Penyimpanan (Memory)

Salah satu penyebab Android hang adalah karena kehabisan ruang simpan di memori ponsel anda. Karena memory internal yang terlalu penuh juga mempengaruhi kinerja dari sebuah perangkat. Memori yang penuh akan membuat ponsel anda menjadi berat dan tidak bisa bekerja dengan optimal.

Dan jika ponsel anda mengalami hang karena hal ini maka cara mengatasi android yang hang salah satunya adalah dengan memasang aplikasi cache cleaner (apabila perangkatmu belum mendukung fitur cache cleaner bawaan).

3. Mengerti dan pahami keadaan smartphone anda


Cara mengatasi android yang hang sekaligus cara mencegahnya yaitu sebaiknya pahami dan mengerti keadaan ponsel anda. Hal ini berarti anda sebagai pengguna smartphone pintar dalam menggunakan ponsel anda. Pergunakanlah ponsel anda pada porsi dan sesuai dengan kegunaannya. Jangan terlalu membebani ponsel anda dengan aktivitas yang terus menerus. Karena sama seperti anda, pada dasarnya ponsel juga perlu istirahat untuk menyegarkan kembali performanya.

4. Jangan Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background

Cara mengatasi android yang hang karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background adalah dengan menutup aplikasi secara benar dan tepat. Karena jika hanya menutupnya lewat tombol home, maka tentu saja akan membebani ponsel karena sebenarnya aplikasi ini akan terus berjalan. Selain hang, keadaan seperti ini juga akan menyebabkan ponsel anda menjadi cepat panas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI ANDROID YANG HANG"

Post a Comment