TIPS MENGEMBALIKAN APLIKASI BAWAAN SISTEM ANDROID YANG HILANG


Tips mengembalikan aplikasi bawaan sistem Android yang hilang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebelum anda mengetahui beberapa caranya, sebaiknya anda mengetahui beberapa contoh aplikasi yang termasuk aplikasi bawaan. Sebut saja messenger ala Google–GTalk, Document Viewer, Maps, atau Latitude.

Beberapa hal juga dapat menyebabkan aplikasi bawaan tersebut hilang secara mendadak. Nah ini juga yang harus anda ketahui agar dapat berhati-hati ketika mengoperasikan smartphone anda. Nah berikut ini adalah beberapa Tips mengembalikan aplikasi bawaan sistem Android yang hilang dan penyebabnya.

1. Aplikasi Bawaan Hilang karena Cache

Cache atau yang dikenal dengan Dalvik cache, adalah file yang terus bertambah ketika kita membuka aplikasi Android. Jika anda menggunakan ponsel setiap hari dengan membuka berbagai aplikasi, tentu tumpukan cache dapat dipastikan akan menggunung.

Tumpukan itu pasti juga akan memakan banyak tempat pada memori. Bukan hanya menghabiskan tempat pada memori, ternyata Cache juga kerap menyembunyikan beberapa aplikasi bawaan Android. Nah Tips mengembalikan aplikasi bawaan sistem Android yang hilang karena cache adalah dengan mengahapus cache tersebut. 

Untuk anda yang menggunakan android versi 4.0 atau Kitkat, dapat menggunakan cara berikut ini. Masuklah ke menu “Settings”, lalu pilih “Apps”. Kemudian geser ke pilihan “All” dan pilih aplikasi bawaan mana yang tadi hilang. Buka dan pilih “Clear Data”.

2. Crash dengan Aplikasi Lain, menghilangkan Aplikasi Bawaan

Seperti yang kita ketahui Android memiliki banyak aplikasi yang dapat membantu kita dengan berbagai fungsinya. Namun anda harus hati-hati, karena bisa saja  ada aplikasi unduhan yang sebenarnya serupa dengan aplikasi bawaan. Hal itu justru bisa menyebabkan aplikasicrash, sehingga aplikasi bawaan Android kesayangan anda ‘kalah” dan hilang.


Dan Tips mengembalikan aplikasi bawaan sistem Android yang hilang  karena hal ini adalah dengan cara pertama check terlebih dulu apakah crash nya menyebabkan kedua-duanya menjadi hilang atau tidak. Jika iya, hapus salah satu dari kedua aplikasi tersebut. 

Deteksi kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecheck apakah crash menyebabkan salah satu APK di system hilang. APK atau Android Package pada dasarnya berupa compress file seperti zip file, karena berisi dari kumpulan file. APK dapat diperoleh melalui berbagai metode, seperti menginstall sebuah aplikasi melalui Play Store. Kesimpulannya, jika aplikasi hilang karena compress file (APK) hilang, maka hal tersebut berarti salah satu aplikasi yang hilang itu tertumpuk dengan aplikasi yang ada. Jadi, anda bisa menghapus aplikasi unduhan, untuk mendapatkan kembali aplikasi bawaan smartphone Android anda.

3. Aplikasi Bawaan Hilang Karena Dihapus atau Terhapus

Nah salah satu faktor yang bisa saja terjadi adalah faktor ketidaksengajaan. Bisa saja kita secara tidak sengaja menghapus beberapa aplikasi bawaan android tersebut ataupun memang sengaja menghapus karena dianggap tidak penting. Jika hal ini terjadi, Tips mengembalikan aplikasi bawaan sistem Android yang hilang adalah dengan cara Inject (masukkan) lagi saja aplikasi bawaan yang terhapus ke dalam sistem. Jangan lupa juga untuk merubah permissions nya.

Itulah beberapa Tips mengembalikan aplikasi bawaan sistem Android yang hilang yang bisa anda coba pada smartphone kesayangan anda. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENGEMBALIKAN APLIKASI BAWAAN SISTEM ANDROID YANG HILANG"

Post a Comment