TIPS YANG HARUS DIKETAHUI OLEH PENGGUNA ANDROID MARSHMALLOW

Untuk anda yang kini sudah menggunakan OS Android Marshmallow, sepertinya perlu membaca ulasan mengenai tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow ini. Karena sistem operasi yang satu ini secara perlahan performanya semakin mengingkat. OS Adroid ini juga memiliki banyak kelebihan dibanding pengahulu-pendahulunya.

Sebagai informasi bahwa Android 6.0 "Marshmallow" merupakan pemutakhiran yang datang untuk sistem operasi telepon genggam Android, dan pertama diperkenalkan di Google I/O pada tanggal 28 Mei 2015 lalu. Marshmallow terutama akan berfokus pada perbaikan inkremental dan penambahan fitur lainnya.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow yang berhasil kami kumpulkan. Apa saja?, berikut ulasannya.

1. Mengelola App permissions

Tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow yang pertama adalah mengenai mengelola App permissions. Fitur ini sebenarnya adalah jawaban bagi sejumlah pengguna sejak lama. Seperti yang telah diketahui bahwa ketika meng-install aplikasi baru dari Play Store, Aplikasi tersebut akan menyertakan informasi tentang akses ke fitur apa saja yang mereka butuhkan untuk menjalankan aplikasi.

Nah jika dulu anda hanya bisa sebatas mengetahui tentang akses apa saja yang dibutuhkan tanpa memiliki kemampuan untuk membatasinya. Kini dengan adanya Marshmallow ini para developer kini harus meminta ijin untuk tiap-tiap akses yang mereka butuhkan, dan pengguna memiliki kekuasaan lebih dalam membatasi akses privasi dari sebuah aplikasi.

Cara untuk melakukannya adalah buka Settings > Apps > pilih aplikasi yang anda ingin lihat perizinannya. Anda juga bisa membatasi akses aplikasi tersebut, sesuai dengan kemauan anda sendiri.

2. Uninstall Aplikasi Langsung dari Homescreen atau App Drawer

Unsinstall aplikasi langsung dari homescreen atau app drawer adalah tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow yang berikutnya. Anda kini dapat menghapus aplikasi langsung dari homescreen atau app drawer. 

Caranya adalah tekan agak lama aplikasi yang ingin anda hapus, kemudian seret ke bagian atas layar. Maka akan keluar pilihan untuk uninstall aplikasi atau info aplikasi. Cara ini tentunya lebih efisien jika dibandingkan dengan harus menelusuri pengaturan yang memerlukan beberapa langkah untuk menghapus aplikasi. Maka cara ini sepertinya patut anda coba.

3. Gunakan Google Now on Tap

Tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow yang ketiga adalah menggunakan Google Now on Tap. Google Now on Tap tentunya merupakan fitur favorit pengguna Android Marshmallow. Fitur baru ini memungkinkan anda untuk  mengakses Google Now dari manapun, baik dari homescreen maupun ketika sedang membuka aplikasi tertentu.


Sebagai contoh adalah saat anda sedang menjalankan sebuah aplikasi tertentu, anda cukup menekan tombol Home selama beberapa detik dan Google Now akan langsung membaca segenap informasi yang ada di tampilan layar. Google akan mencari berbagai macam informasi menarik yang berhubungan dengan aplikasi yang sedang kamu buka dan menampilkan informasi yang didapatkan lewat sebuah kotak pop up mungil di bagian bawah layar. Nah hal ini lebih terkesan praktis dari pada anda akan mencari secara manual

4. Optimalkan Aplikasi Agar Tak Terkena Efek Doze

Mengoptimalkan aplikasi agar tak terkena efek Doze adalah tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow. Doze ini sendiri berfungsi untuk menghemat pemakaian baterai pada smartphone. Doze ini bekerja dengan menon-aktifkan aplikasi yang berjalan di background jika tidak diperlukan. Namun anda bisa melakukan pengecualian hingga tiga aplikasi, agar tidak terkena efek dari Doze.

Sehingga aplikasi yang anda pilih tersebut bisa berjalan secara maksimal, sementara aplikasi yang lain diistirahatkan. Untuk mengoperasikannya, caranya adalah buka Settings > Apps > overflow menu > Advanced > Ignore optimizations.

5.  Aktifkan Menu Developer

Tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow yang terakhir adalah mengaktifkan menu developer. Di Android Marshmallow, Google menyembunyikan menu developer. Agar pengguna awam, tidak salah menggunakannya. Dan untuk anda yang membutuhkannya, bisa mengakses menu developer dengan cara masuk ke menu ke Settings > About Phone > Build. Klik opsibuild tujuh kali, sampai muncul pop-up pemberitahuan bahwa kamu sekarang seorang pengembang.

Jika sudah diaktifkan, opsi pengembang ini berada di pengaturan tepat di atas menu about phone. Fitur menu developer ini memungkinkan anda untuk mengaktifkan USB Debugging, mengizinkan lokasi palsu, menampilkan sentuhan, tweak animasi, dan masih banyak lagi. Dan fitur ini akan sangat berguna bagi anda yang mulai mengerti dengan cara menggunakannya serta fungsinya.
Itu lah beberapa tips yang harus diketahui oleh pengguna Android Marshmallow. Sebenarnya masih ada beberapa tips lainnya dan akan kami beberkan di ulasan yang berikutnya. Sampai jumpa

Subscribe to receive free email updates: