CARA SEDERHANA AGAR SMARTPHONE TIDAK CEPAT HABIS BATERAI

Kali ini kita akan membahas mengenai cara sederhana agar smartphone tidak cepat habis baterai. Karena hal ini merupakan hal yang cukup menjengkelkan bila saja terjadi. Apabila smartphone cepat habis baterai maka tentu saja anda akan merasa kerepotan, terlebih jika anda sedang dalam perjalanan jauh yang tidak memungkinkan anda untuk mengisi kembali daya ponsel tersebut.

Dan biasanya jalan yang anda tempuh untuk mengatasi hal ini adalah membawa power bank kemana pun anda pergi. Memang hal itu akan menyelamatkan smartphone anda untuk sementara waktu. Nah bagaimana jika power tersebut tak sengaja tertinggal, ya tentu saja anda harus rela melakukan perjalanan denhan kondisi ponsel yang mati.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana agar smartphone tidak cepat habis baterai. Dan cara ini patut anda coba. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Mempersingkat Timeout Layar

Cara sederhana agar smartphone tidak cepat habis baterai yang pertama adalah dengan mempersingkat timeout layar. Saat Anda menggenggam smartphone untuk mengetik e-mail, membalas pesan di WhatsApp, dan berbagai kegiatan lainnya, tentu saja layar smartphone perlu tetap menyala. Namun begitu Anda selesai menggunakannya dan meletakkannya saja, layar smartphone Anda terkadang masih saja menyala. Nah, untuk lebih baik Anda menyetel timeout layar ke waktu minimum, agar ponsel dapat menghemat dayanya.

2. Menyingkirkan Widget

Menyingkirkan Widget adalah salah satu cara sederhana agar smartphone tidak cepat habis baterai. Memang memasang widget akan membuat smartphone anda terlihat keren. Namun sebenarnya anda tidak benar-benar membutuhkan widget tersebut. Dan akan lebih jika Anda menyingkirkannya, terutama widget yang harus selalu terhubung ke internet seperti widget informasi cuaca.  Dengan begitu ponsel anda tidak akan terlalu bekerja keras untuk menjalankan widget tersebut dan dayanya pun tak akan cepat habis.

3. Mengatur Kecerahan Layar


Jika anda mengatur kecerahan layar anda mencapai fungsi maksimum, sebaiknya kurangi kecerahan layar anda tersebut. Selain akan membuat mata anda menjadi cepat lelah, layar yang terlalu terang juga akan membuat baterai smartphone anda terkuras lebih cepat. Cara sederhana agar smartphone tidak cepat habis baterai ini tentunya akan membuat mata anda merasa lebih nyaman. Jika smartphone Anda dilengkapi oleh sensor cahaya, biasanya ada fitur auto brightness (kecerahan otomatis). Jadi kecerahan layar akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya.

4. Mematikan cek e-mail Otomatis

Cara sederhana agar smartphone tidak cepat habis baterai yang berikutnya adalah dengan mematikan cek e-mail otomatis. Salah satu fitur menarik di smartphone adalah push-mail. Dengan adanya fitur ini, maka smartphone akan secara otomatis menerima setiap e-mail yang masuk. Namun sebenarnya tidak semua orang membutuhkan fitur ini.

Nah untuk anda yang tidak membutuhkannya, silahkan nonaktifkan fitur ini. Dan jika suatu saat anda memerlukannya sesekali, anda bisa mengecek e-mail tersebut secara manual. Atau anda juga bisa menyetel push-mail dengan interval tertentu, misalnya per 30 menit, 60 menit, atau 90 menit. Dengan begitu ponsel anda tidak akan terlalu menghabiskan dayanya untuk hal ini.

5. Mematikan Vibrasi (getar)

Mematikan Vibrasi (getar) adalah cara sederhana agar smartphone tidak cepat habis baterai yang terakhir. Sebagian di antara Anda mungkin suka menyetel smartphone di profil getar, utamanya ketika sedang berada di situasi penting seperti di sebuah rapat. Namun tahukah anda, ternyata fitur getar ini memakan lebih banyak daya baterai dari pada sebuah ringtone. Maka sebaiknya matikan getar tersebut jika tidak terlalu diperlukan.

Subscribe to receive free email updates: